BSIP Serealia Berkomitmen Tingkatkan Pelayanan Melalui SPP dan Motto SIGAP
Maros, (1/10) - Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Serealia (BSIP Serealia) telah mengimplementasikan Standar Pelayanan Publik (SPP) dalam setiap unit layanan dan jasa. BSIP Serealia berkomitmen menyampaikan informasi yang responsif kepada publik. SPP tersebut dirancang untuk memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat umum maupun khusus, baik petani, pengusaha, atau pemangku kepentingan terkait.
Saat melakukan wawancara yang berlangsung di Kantor PPID Serealia, Humas BSIP Serealia, Rahmi Yuliani Arvan, menyampaikan implementasi SPP BSIP Serealia yang telah ditetapkan pada 6 November 2023 melalui kegiatan Public Hearing Standar Pelayanan Publik.
"Sistem pelayanan terpadu yang digunakan di BSIP Serealia berdasarkan SOP Kementerian Pertanian. Walaupun ada poin-poin internal seperti motto, di mana setiap instansi mempunyai motto yang berbeda-beda. Kalau di sini, mottonya adalah SIGAP, yang berarti bahwa setiap pelayanan yang diutamakan adalah Sigap,” jelas Rahmi.
“Melalui motto SIGAP, yang berarti Senyum, Ikhlas, Gesit, Aktif, dan Profesional, kami berkomitmen untuk melayani dengan penuh semangat dan profesionalisme," lanjutnya.
Melalui penerapan tersebut, BSIP Serealia bertekad untuk memperkuat citra lembaga dan memastikan bahwa semua pihak dapat dengan mudah mengakses informasi yang dibutuhkan serta memperoleh pelayanan yang positif dan responsif melalui motto SIGAP tersebut.
Rahmi Yuliani Arvan juga menambahkan bahwa BSIP Serealia secara berkala mengukur tingkat kepuasan masyarakat melalui Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP), serta Survei Persepsi Antikorupsi (SPAK). Sistem tersebut memungkinkan masyarakat untuk memberikan penilaian atas layanan yang telah mereka dapatkan, sehingga dapat menjadi acuan bagi lembaga dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.
“SKM, SPKP, dan SPAK menjadi instrumen penting dalam mengukur seberapa baik pelayanan yang kami berikan sesuai dengan harapan masyarakat. Setiap umpan balik yang diterima dari publik melalui survei tesebut akan dianalisis untuk melihat aspek-aspek yang perlu ditingkatkan. Kami berupaya agar semua masukan bisa langsung diterjemahkan menjadi perbaikan nyata di lapangan," jelasnya.
Dengan evaluasi melalui SKM, SPKP, dan SPAK, BSIP Serealia terus menjaga agar pelayanan publik yang diberikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, serta merespons kebutuhan dan harapan masyarakat secara cepat dan tepat.
"Dengan adanya SKM, SPKP, dan SPAK, kami bisa lebih transparan dalam menilai kinerja kami sendiri, dan itu membantu menjaga komitmen kami terhadap pelayanan yang sigap dan profesional," tambah Rahmi.
Perlu diketahui saat ini BSIP Serealia memilik beberapa layanan antara lain:
1. Layanan Penyebarluasan Hasil Standar Instrumen Tanaman Serealia meliputi: Layanan Informasi Publik, Layanan Perpustakaan, Layanan PKL/Magang serta Layanan Kunjungan.
2. Layanan Laboratorium meliputi: Laboratorium Pengujian Benih, Laboratorium Hama dan Penyakit, serta Laboratorium Biomolekuler
3. Layanan Unit Pengelola Benih Sumber meliputi: Penjualan Benih Kelas BS (benih penjenis) dan BD (benih dasar)
__________
Terima kasih telah membaca artikel kami. Kami ingin mengajak Anda untuk terus menjelajahi dan memperdalam pengetahuan Anda. Temukan berita terbaru dan artikel bermanfaat dengan mengklik tautan berikut "Klik di sini".
__________
Kontributor: Mahasiswa PPL UINAM
Kurator: Muchammad Fatchur Rizza, S.Tr.P
Redaktur: Rahmi Yuliani Arvan, S.P., M.Si